Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah dalam Mobile Legends yang Wajib Dipahami Player

Arti istilah dalam mobile legend

Istilah dalam Mobile Legends yang Wajib Dipahami PlayerSebagai player pemula, mungkin kamu sering mendengar beragam istilah dalam Mobile Legends yang cukup asing. Game MOBA tersebut memang dapat dimainkan oleh beberapa player sekaligus dalam satu tim.

Keseruan battle antara satu tim yang melawan tim lainnya pada game Mobile Legends tersebut membuat game online ini sangat digandrungi oleh pecinta game online. Ketika menjalankan permainan, para pemain tentu saling berkomunikasi. 

Komunikasi yang dilakukan antar pemain biasanya menggunakan istilah-istilah khusus untuk meningkatkan efisiensi. Maka dari itu, semua pemain dari newbie hingga pro player wajib memahami arti istilah tersebut agar komunikasi berjalan secara efektif.

Istilah dalam Mobile Legends yang Harus Anda Pahami

Mobile Legends saat ini menjadi salah satu MOBA tersukses di Asia Tenggara karena jumlah penggunanya terus bertambah. Jika Anda adalah player baru alias newbie, pahami istilah-istilah berikut ini agar tidak kebingunan saat bermain.

1. AFK, Ini Maksudnya

AFK adalah salah satu istilah dalam Mobile Legends yang mungkin sering Anda dengar. Istilah tersebut mengacu pada singkatan ‘Away From Keyboard’ yang secara harfiah artinya adalah ‘jauh dari keyboard’.

Lantas, apa maksud sebenarnya dari AFK? AFK menunjukkan situasi dimana player meninggalkan permainan karena alasan tertentu. Misalnya terdapat gangguan pada jaringan internet, baterai perangkat habis, atau karena alasan lainnya.

AFK sebenarnya merupakan istilah yang cukup umum dipakai pada game online lainnya. Misalnya permainan bergenre MOBA, MMORPG, maupun genre lain. Jadi, AFK bukan hanya dikenal dalam permainan Mobile Legends saja, ya.

2. CD (Cool Down), Ini Artinya

Istilah dalam Mobile Legends selanjutnya yaitu CD yang merupakan singkatan dari Cool Down. CD (Cool Down) menggambarkan situasi dimana pemain harus menunggu beberapa saat hingga skill bisa digunakan lagi.

Setiap karakter yang ada di game Mobile Legends memiliki skill masing-masing yang berbeda satu sama lain. Skill dari tiap-tiap karakter memang unik dan berguna membantu player memenangkan permainan.

Meski demikian, skill tersebut tidak bisa digunakan secara terus-menerus untuk mengalahkan lawan karena penggunaannya dibatasi. Saat skill karakter yang dimainkan habis, maka player harus CD sampai skill tersebut bisa dipakai kembali.

3. DPS, Ini Maksudnya

Istilah dalam Mobile Legends lain yang wajib Anda ketahui yaitu DPS alias Damage Per Second. Damage Per Second jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya ‘kerusakan tiap detik’.

Apabila Anda mendapati istilah DPS, yang perlu dilakukan yaitu memperhatikan berapa jumlah damage yang dilayangkah player ke musuh tiap detiknya. DPS sendiri tidak hanya dikenal di game ML saja. 

Istilah dalam Mobile Legends tersebut juga populer di game online lainnya. Lantas, bagaimana cara meningkatkan damage pada hero yang Anda mainkan? Berikut ini 5 cara meningkatkan damage hero ML:

  1. Pilih hero Assasin atau Marksman, kedua role tersebut dapat memberikan damage besar terhadap musuh pada pertandingan yang Anda mainkan. 
  2. Damage juga bisa ditingkatkan dengan menggunakan emblem khusus. Kami merekomendasikan Custom Assasin Emblem atau Custom Mage Emblem
  3. Tingkatkan damage dengan build critical serta physical attack tinggi
  4. Gunakan skin, skin tidak hanya berguna sebagai aksesoris akan tetapi juga bisa meningkatkan damage
  5. Jaga KDA tetap rendah

4. GG (Good Game), Ini Maksudnya

Istilah dalam Mobile Legends yang juga sering digunakan oleh para pemain MOBA tersebut yaitu GG. GG mengacu pada kepanjangan Good Game. Sesuai namanya, Good Game berarti permainan bagus.

GG (Good Game) biasanya sering dilontarkan saat di dalam permainan maupun sedang mabar langsung. Ketika seorang player mengucapkan GG, artinya ia memberikan pujian atau penghargaan kepada pemain yang performa permainannya bagus.

Selain kepada salah satu pemain, GG juga bisa menunjukkan kepuasan terhadap performa tim dalam bermain ataupun jalannya game secara keseluruhan. Jadi, kalau Anda puas terhadap permainan tim, jangan lupa ucapkan GG.

5. KDA, Ini Artinya

Istilah dalam Mobile Legends berikutnya yaitu KDA. Ini merupakan singkatan dari Kill, Death, Assist. KDA menunjukkan statistik permainan player, dimana didasarkan pada jumlah membunuh (kill), assist (membantu tim untuk kill), dan death (kematian).

Tidak jarang para player ingin mengetahui statistik KDA mereka, sehingga melakukan perhitungan. Nah, jika Anda ingin mengetahui KDA, maka bisa menggunakan rumus berikut:

KDA = (Kill + Assist) / Death.

Memperbaiki nilai istilah dalam Mobile Legends KDA dapat mendorong Anda menjadi seorang pro player. Jika Anda ingin meningkatkan nilai KDA saat memainkan game MOBA ini, lakukan beberapa trik berikut:

  1. Pastikan hero Anda tidak sering mati karena ketika hero sering mati maka nilai KDA-nya semakin buruk. Selain itu juga semakin sulit memenangkan pertandingan.
  2. Jangan lupa memperbanyak assist agar teman dalam tim Anda bisa kill. Semakin banyak assist, nilai KDA akan lebih baik. 
  3. Cara paling penting yaitu memperbanyak kill. Meski begitu, sebaiknya Anda tidak terlalu bernafsu melakukan kill. Pastikan tetap menjaga permainan sesuai strategi tim untuk meminimalisir kekalahan dan memenangkan game. 

6. Imba (Imbalance), Ini Artinya

Istilah dalam Mobile Legends Imba atau Imbalance juga sering dipakai oleh para player ML. Dalam bahasa Indonesia, imbalance berarti tidak seimbang. Istilah Imba (Imbalance) menggambarkan adanya ketidakseimbangan pemain pada suatu game. 

Pemain dengan kekuatan lebih, level tinggi, item core lebih lengkap, hingga memiliki lebih banyak uang dinilai tidak sepadan dibanding player lainnya. Sehingga muncul persepsi pemain Imba sudah pasti akan memenangkan game.

7. Mabar, Ini Maksudnya

Jika berada di tengah lingkungan para gamer, Anda pasti pernah diajak mabar oleh beberapa teman. Mabar adalah istilah dalam Mobile Legends yang kepanjangannya yaitu ‘main bareng’.

Ketika ada teman mengajak mabar, artinya ia mengundang Anda agar memainkan game ML bersamanya. Pada umumnya, gamer yang mengajak mabar bermaksud mengundang Anda untuk membuat satu tim.

Sebenarnya mabar bukan hanya istilah dalam Mobile Legends saja. Mabar juga digunakan oleh para gamer yang memainkan jenis game online selain ML untuk mengajak teman mereka bermain bersama.

Nah, bagi Anda yang masih pemula tidak perlu bingung. Begini cara mabar ML dengan mudah:

  1. Buka aplikasi game ML pada perangkat Anda kemudian pilih teman yang ingin diajak mabar. Perhatikan layar sebelah kanan untuk melihat daftar teman.
  2. Pastikan hanya memilih teman yang sedang online untuk mabar. Cara mengetahui pemain online yaitu terdapat ikon hijau pada kolom nama teman. 
  3. Jika belum memiliki teman, Anda bisa mengundang teman baru dengan cara klik ikon tambah.
  4. Untuk mengundang teman baru, Anda perlu memasukkan nomor ID akun atau nickname pengguna lain lalu klik Follow.
  5. Bisa juga mencari pengguna yang dekat dengan lokasi Anda, caranya aktifkan fitur GPS.

8. OP, Ini Artinya

Mungkin Anda mengira bahwa OP adalah singkatan dari Operator. Namun singkatan OP dalam game ML memiliki arti berbeda, yaitu Over Power. OP menggambarkan hero yang memiliki kekuatan besar dan melebihi kekuatan rata-rata hero lain.

Mengenali istilah dalam game yang Anda mainkan adalah hal wajib. Dengan mengetahui arti dari tiap-tiap istilah dalam Mobile Legends, Anda dapat memainkan game bersama tim dengan seru.

Posting Komentar untuk " Istilah dalam Mobile Legends yang Wajib Dipahami Player"